Belajar Cara Budidaya Bunga Ashar Yang Baik Dan Benar

Image result for budidaya bunga asharImage result for budidaya bunga ashar

Nama bunga pukul empat pun muncul karena bunga dari tanaman Mirabilis jalapa akan mekar atau membuka menjelang sore hari. Bunganya yang berbentuk terompet kemudian menghasilkan bau yang manis dan lembut selama malam hari, dan akan menutup lagi pada pagi hari. Begitu seterusnya. Kok bisa? Ternyata kembang pukul empat merespon terhadap intensitas cahaya dan suhu di sekitarnya. Ketika suhu sudah mulai dingin, mulailah dia untuk membuka, ketika panas dan mulai sunny, dia akan mengatup sendiri.

Tanaman bunga ashar berasal dari daerah tropis di Amerika Selatan dan tumbuh bebas di seluruh dunia, dimana pun asal suhunya tropis, termasuk di Indonesia. Performa terbaik dari tanaman bunga ini muncul apabila diberi sinar matahari sepanjang hari atau full sun. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 90 cm, bijinya bulat tidak terlalu besar namun tidak kecil, dan berwarna hitam. Bijinya tidak mulus melainkan berkerut

Beberapa pekebun menyatakan agar benih bunga pukul empat kita tumbuh, bagusnya direndam terlebih dahulu. Ada benarnya, karena biji dari tanaman berumbi ini menurut saya solid dan keras. Namun ternyata tidak terlalu perlu.

Rendam biji-biji bunga pukul empat. Di malam sebelum Anda berencana melakukan penanaman, simpan biji-biji tersebut di dalam cawan kecil dan tuangkan air ke dalam cawan tersebut. Biarkan biji-biji tersebut menyerap air selama semalaman.

Pilihlah lokasi yang cerah untuk menanam bunga pukul empat. Bunga pukul empat akan tumbuh paling baik jika ditanam di tempat yang terkena cahaya matahari langsung atau, setidaknya, tempat yang terkena cahaya matahari sebagian

Gemburkan tanah. Gunakan sekop kecil atau garpu taman untuk menggali tanah di tempat yang akan ditanami bunga pukul empat. Gemburkan tanah hingga mencapai kedalaman sekitar 30 sampai 61 sentimeter.

Tekan biji ke dalam tanah dengan hati-hati. Untuk menanam biji-biji tersebut, Anda hanya perlu menekan setiap biji ke dalam tanah dengan menggunakan jari Anda. Pastikan kedalamannya tidak melebihi 1,25 sentimeter

Beri jarak sekitar 30 sampai 61 sentimeter antara biji-biji yang ditanam. Biasanya, untuk setiap jarak 30 sentimeter, Anda hanya perlu menanam satu biji saja.

Ada kemungkinan Anda perlu memperjarang jarak penyemaian sehingga terdapat jarak sekitar 61 sentimeter di antara setiap semai.

Siramlah biji dengan baik. Dengan hati-hati, siramlah biji dengan menggunakan penyiram tanaman atau selang kebun yang telah diatur ke dalam mode penyemprotan ringan. Pastikan tanah lembap secara menyeluruh, namun tidak sampai becek.

Perlu Anda ingat bahwa biji-biji tersebut biasanya akan mulai berkecambah dalam waktu 7 sampai 14 hari, tergantung pada hangatnya cuaca. Cuaca yang lebih hangat dapat memicu perkecambahan yang lebih cepat.

Jaga agar tanah tetap lembap. Meskipun bunga pukul empat tahan terhadap kondisi tanah yang kering, tanaman tersebut tidak boleh dibiarkan kering selama lebih dari satu atau dua hari.

Cobalah lakukan penyiraman pada semai dengan air yang dapat mencapai kedalaman 2,5 sentimeter setiap minggunya. Penyiraman dapat dilakukan baik melalui perantara hujan maupun penyiraman manual dengan menggunakan selang atau penyiram tanaman.

Sumber : Wikihow

(Visited 53 times, 12 visits today)

admin super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Meta