Teknik Praktis Budidaya Pepaya California Peluang Usaha Hasil Melimpah

Image result for cara budidaya pepaya californiaImage result for cara budidaya pepaya california

Nah bagi anda yang merasa tertarik untuk membudidayakan buah pepaya California, harus tahu prospek keuntungan yang bisa anda dapatkan dari budidaya buah yang satu ini. pertama, tanaman pepaya california ini merupakan jenis tanaman yang cenderung mudah tumbuh sehingga resiko kegagalannya juga relatif kecil. kemudian tanaman yang satu ini juga bisa dipanen ketika usianya menginjak umur 8 hingga 9 bulan dengan frekuensi panen yang bisa dilakukan hingga 4 kali dalam waktu sebulan. Dalam sekali panennya, penghasilan buah ini juga bisa mencapai 2 hingga 3 ton sehingga dalam sebulan bisa mencapai hasil panen hingga 12 ton, bahkan lebih per hektarnya.

Selanjutnya, dengan buahnya yang enak dan lezat ini membuat pepaya California ini semakin banyak disukai orang sehingga permintaan pasar pun akan besar. Selain itu, pepaya California juga merupakan varietas pepaya unggul yang memiliki umur genjah. Masa produktif dari pohon pepaya california ini mencapai usia 4 tahun sehingga bisa memberikan keuntungan besar dalam sekali tanam. Untuk itu, manfaatkan pekarangan atau kebun yang anda miliki untuk budidaya pepaya California ini. daripada dibiarkan sampai tumbuh banyak rumput liar, lebih baik dimanfaatkan untuk usaha yang menghasilkan keuntungan yang besar bukan?

Nah bagi Anda yang tertarik dan memang ingin memulai usaha pepaya California ini, bisa mengikuti tahapan budidaya pepaya california di bawah ini. Namun sebelum itu, simak dulu persyaratan tumbuh Pepaya California berikut ini.

Keunggulan Buah Pepaya California

Buah pepaya memiliki banyak varian jenis, namun jenis yang paling unggul tentunya Pepaya California. Keunggulannya sebagai berikut :

Ukuran buahnya tidak terlalu besar sehingga praktis untuk dikonsumsi dan trasportasi
Jenis kulit yang cukup tebal dan berbentuk lonjong dengan tekstur daging buah yang tebal dan kenyal
Mempunyai berat sekitar 0,8-2kg,
Bentuk batangnya pendek, sehingga memudahkan kita untuk melakukan perawatan dan pemanenan
Buah ketika matang berwarna kuning dan rasanya manis.
Sering digunakan dalam acara-acara jamuan makan untuk acara tertentu

Langsung saja kita bahas Cara menanamnya:

1. Gunakan biji pepaya yang baru saja anda beli dari supermarket, Ambil sekitar 30 atau lebih biji pepaya.
2. Bersihkan lendirnya dengan air bersih, dan simpan di atas kertas tisu biarkan sampai kering (3 hari);
3. Ambil wadah dan rendam dalam air hangat kuku, biarkan selama 24 jam;
4. Ambil kain bersih, buat 3 lipatan dan basahi kain tersebut;
5. Taruh biji pepaya yang baru direndam diatas kain 3 lipatan yang sudah dibasahi, ambil biji yang tenggelam saja;
6. Bungkus biji tersebut dengan melipat kain yang sudah ditaruh biji pepaya;
7. Tanam dalam tanah bungkusan tersebut selama 7 sd. 9 hari sampai keluar kecambah;
8. Siapkan polybag ukuran 10 x 15 cm, dan isi dengan media tanam campuran : tanah, pupuk kandang jadi, arang skam padi dengan perbandingan 1:1:1;
9. Setelah 7 atau 9 hari buka bungkusan yang ditanam, dan pindahkan kecambah ke dalam polybag yang sudah disiapkan 2 biji per polybag;
10.Pelihara bibit pepaya sampai 2 bulan dengan menyiram secara teratur, seminggu sekali siram dengan air yang dicampur NPK mutiara dengan perbandingan 1 sendok makan ke dalam 10 liter air;
11.Setelah 2 bulan, pindahkan bibit pepaya ke dalam polybag ukuran 30 x 40;
12.Pelihara sampai pohon pepaya berbunga dan keluar buah sampai 3 atau 4 bulan;
13.Pilih dan sisakan 1 pohon yang subur dan gemuk berbuah sama dengan induknya, lainnya dipotong dari pangkalnya;
14.Pada bulan ke 5, pohon pepaya yang subur dan gemuk dan buahnya mirip induknya pindahkan ke dalam polybag ukuran 50 atau 60 cm, dengan perbandingan campuran media 1:1:1.
15.Pelihara dan setiap bulan beri pupuk NPK mutiara 2 sendok makan, jangan terlalu dekat ke pohon.
16.Pada bulan ke 9 Anda sudah dapat melihat hasilnya, beberapa pepaya sudah ada yang siap panen;
17.Tempatkan pohon pepaya pada tempat yang cukup sinar matahari. .

Hama Dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa macam hama yang biasa menyerang tanaman pepaya diantaranya adalah hama kutu putih. Untuk mengendalikan hama jenis ini bisa dengan menyemprotkan Regent, Bestox, Pestisida Akothion secara bergantian. Selain itu ada juga hama tugau yang biasanya menghisap semua cairan yang ada pada daun muda. Untuk mengedalikannya kamu bisa menggunakan pestisida coracron, mesurol dan juga akarisida.

Ada hama yang paling ditakuti oleh petani pepaya yakni Phythora parasitica, Palmivora, Collectricum dan Pythium. Jenis penyakit ini banyak menyerang daun, akar batang sampai buah dan biasanya terjadi saat musim penghujan. Cara pengendaliannya bisa dilakukan melalui penyemprotan larutan fungisida yang dicampur dengan air sebanyak 1 liter. Lakukan kegiatan tersebut hingga sembuh.

 

Mudahkan teman-teman, Itulah cara menanam dan memelihara pepaya California Callina IPB9 di dalam pot. Sebenarnya berkebun itu mudah kita lakukan asalkan kita melakukanya dengan hati yang tulus dan ikhlas.

 

(Visited 68 times, 2 visits today)

admin super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Meta